Perjalanan Hati.

Bergeraklah, karena diam itu mematikan!

Google Maps Indonesia Lebih Lengkap

Google Maps Indonesia Lebih LengkapHari ini Google Maps telah mengupdate (memperbarui) data Maps secara signifikan untuk wilayah Indonesia. Bahkan secara khusus menuliskan berita tentang update ini di laman blog resmi mereka (Building Better Maps in Southeast Asia). Update yang dilakukan meliputi memperbarui informasi jalan-jalan, sungai-sungai, dan pewarnaan untuk daerah-daerah tertentu. Sehingga sekarang tampilannya jauh lebih lengkap dan bewarna.

Yang cukup mengejutkan adalah sekarang kompleks bangunan seperti universitas, rumah sakit, dsb, ditampilkan detail outline gedung-gedungnya, walau belum mencakup tampilan 3 dimensi-nya. Namun ini sudah sangat membantu. Sebagai contoh ini adalah tampilan untuk area kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Yogyakarta.


View Larger Map

Update Google Maps ini otomatis juga bisa diakses aplikasi-aplikasi Google Maps semisal di smartphone Android, iPhone, dsb yang telah menginstall aplikasi Google Maps. Sebagai catatan, untuk mode tampilan tampilan citra satelit (Satellite View), saat ini belum ada update terbaru, sehingga masih akan nampak daerah-daerah kosong atau daerah yang sudah berubah.

Bagaimana kalau ingin berkontribusi melengkapi atau memperbaiki Google Maps? Saat ini sebenarnya sudah ada tool dari Google untuk melakukan kolaborasi editing untuk Google Maps: Map Maker. Dulu untuk wilayah Indonesia belum diperkenankan oleh Google. Namun setelah update terbaru yang baru saja ini, sekarang sepertinya dapat melakukan editing peta (edit, tambah, hapus) Google Maps, tapi hanya bisa di wilayah-wilayah tertentu saja.